Halaman

Kamis, 12 November 2015

Cara Memperpanjang Paspor (Membuat Epaspor)


Bahagianya ketemu tiket pesawat promo AA murah  yang banget, but.... wait.... kayaknya ada yang kurang deh, upsss paspor sudah expired sejak bulan juni kemarin ohh tidaaakkk bisa beli tiket promonya gak ya?? jangan-jangan nanti harus isi data paspor lagi pas proses pembelian?. Thanks god ternyata beli tiket AA gak perlu isi data paspor yeayyy akhirnyaaaaa!!!

Tiket sudah ditangan tapi paspor masih belum sempet ngurus, berhubung sekarang sudah ada Epaspor yang mengiming-imingi bebas biaya Visa ke Jepang dan dipikir-pikir kayaknya asik juga nih kalau pakai epaspor apalagi ditambah ada kabar yang beredar kalau kemungkinan Visa ke Korea Selatan dan Taiwan akan ikutan gratis, katannya sih pengumuman pastinya akan keluar di bulan Desember 2015 ini, tambah bulatlah tekat untuk mengganti paspor lama dengan epaspor. Mulai deh browsing info tentang epaspor ini, setelah lama googling lihat-lihat artikel berita dan pengalaman orang-orang di blog ternyata info yang diperoleh masih sangat minim. belum ada update berita tentang epaspor ini setelah bulan April 2015, sebelumnya epaspor ini bisa registrasi secara online tetapi setelah di cek ke web untuk registrasi paspor online ternyata tidak ada pilihan epaspor. 

Akhirnya saya putuskan untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan yang ada di Jl. Warung Buncit Raya No.207 (daerah duren tiga, lokasinya pas di depan halte busway Imigrasi Rute Ragunan - Kuningan). Setahu saya untuk epaspor memang harus di Kantor Imigrasi Kelas I, padahal sudah ada kantor wilayah yang lebih dekat di daerah pondok pinang dan lebak bulus yang lebih dekat,  ternyata untuk epaspor memang harus di Kantor Imigrasi Kelas I dan Walk In artinya kita tidak bisa ambil nomor antrian secara online dan harus datang langsung kesana untuk mengambil nomor antrian dan TIDAK BOLEH DIWAKILKAN (kecuali pra antrian sepertinya masih bisa diwakilkan, begitu mengambil nomor antrian jam 07.15 di lt.2 harus dengan orang yang akan membuat/memperpanjang paspor langsung).

Berangkat dari rumah sekitar pukul 05.10 WIB dan sampai di sana sekitar pukul 05.45 dan ternyata sudah banyak orang yang pra antri dengan menaruh map atau foto copy dokumen untuk posisi baris mengambil nomor antrian di Lt.2 nanti. Antrian dibedakan menjadi tiga kolom, untuk yang walk in (antrian terpanjang), untuk yang Online, dan untuk orang tua, anak-anak, wanita hamil. Di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan ini sudah One Stop Service artinya kita cukup datangi di satu counter untuk proses foto, sidik jari, wawancara, setelah itu kita akan diberikan Bukti Pengantar Pembayaran ke rekening BNI dan bisa langsung pulang kerumah.

Untuk persyaratan memeperpanjang paspor dokumen  yang dibutuhkan sbb:
1. Akte Kelahiran atau kalau tidak ada bisa diganti Ijazah (Asli & Fotocopy an Kertas A4)
2. Kartu Keluarga  (Asli & Fotocopy an Kertas A4)
3. KTP  (Asli & Fotocopy an Kertas A4)
4.Paspor Lama ((Asli & Fotocopy an Kertas A4 Halaman data pribadi dan lembar paling belakang yang ada data alamatnya)
5. Pulpen warna Hitam (karena untuk pengisian formulir harus dengan tinta hitam)

FYI: kalau belum sempat foto copy, tidak bawa pulpen dan perlu sampul  paspor bisa dibeli di koperasi lantai 2. Untuk Map akan diberikan gratis saat pengambilan nomor antrian dan penyerahan formulir. Perbedaan persyaratan anatara pendaftar baru dan perpanjangan adalah di  poin 4, untuk anak-anak ditambah surat persetujuan orang tua (form bisa dibeli di koperasi) dan surat nikah orang tua

by yennyhid
Pra Antri Untuk yang walk in, lucu yah?

Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan, by yennyhid
Saat pra antri untuk yang orang tua, anak-anak dan wanita hamil bisa duduk di kursi yang telah disediakan

Untuk yang walk in bisa duduk duduk dipelataran

Lobby Kantor Imigrasi kelas I Jakarta Selatan, toilet ada di sebelah kiri  ^o^

Kira-kira jam 7.15 WIB kita mulai baris, dan ambil tempat di posisi dokumen yang kita bariskan sebelumnya, lalu dipersilahkan masuk untuk mauk kelantai 2 mengambil nomor antrian yang harus diambil oleh orang yang akan membuat paspor langsung dan tidak dapat diwakikan, kira-kira 10-15 orang sekali masuk. di lantai 2 kita masih antri lagi untuk pengambilan nomor dan formulirnya.


Antrian pengambilan nomor membentuk letter u karena orangnya banyak


by yennyhid
Siapkan Akte Lahir, KK dan KTP asli untuk ditunjukan ke petugas saat pengambilan nomor antrian dan formulir (jangan lupa diambil lagi yah dokumen aslinya ^o^)


by yennyhid
Formulir untuk epaspor

Jika kita ingin mengganti paspor lama dengan epaspor saat mengambil nomor antrian an formulir jangan lupa bilang epaspor karena nanti akan dibedakan dengan stempel epaspor di map dan formulir. Kemarin sempat ada yang tidak bilang mau epaspor dan diberikan formulir tanpa stempel dan baru sadar ketika proses wawancara akhirnya dia harus mengulang proses dari awal pengambilan nomor antrian dan formulir, pastinya sambil marah-marah karena tidak dengar penjelasan MC sebelumnya. Oiya, setelah kita diberi nomor antrian dan formulir lalu kita akan dipersilahkan duduk untuk mengisi formulir sambil dijelaskan oleh petugas imigrasi layaknya MC disebuah acara. MC akan menjelaskan dengan detail persyaratan dan cara mengisi formulir. MC juga menjelaskan bahwa banyak orang dari daerah lain yang memilih untuk membuat di kantor imigrasi  kelas 1 jakarta selatan karena prosesnya yang lebih mudah dan tidak ribet. So guys.... dengarkan baik-baik dan dengan seksama yah bapak MC nya biar tidak seperti orang yang salah formulir tadi ^o^.



by yennyhid

by yennyhid
MC (yang berseragam) sedang menjelaskan syarat dan cara pengisian formulir


Kira-kira pukul 08.00 WIB pemanggilan nomor antrian akan dimulai, total counter yang ada di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Selatan sekitar 12 counter tapi yang dibuka hanya 10 yang 2 counterlagi sepertinya untuk yang kehilangan paspor dll.. kebetulan saya dapat nomor 36 untuk yang walk in (dengan kode 2 di depat no antrian). Untuk yang daftar online kodenya 1-no antrian dan untuk orang tua, ibu hamil dan anak-anak dengan kode 3 kalau tidak salah. Pemanggilan nomor dengan kode 2 setelah kode 1 dan 3 alias belakangan. Bagi pemegang nomor antrian kode 1 dan nomor antrian besar, boleh ditinggal dulu untuk melakukan aktivitas dan supaya tidak terlewat bisa di cek di web info antrian dan via SMS seperti yang tertera di nomor antrian.



by yennyhid
Nomor antrian





by yennyhid
Monitor info nomor antrian

Koperasi, tempat foto copy dll ada di pojok kiri, btw ada tempat main anak juga ternyata


Sekitar jam 10.15 WIB nomor antrian 36 dipanggil untuk masuk proses foto, sidik jari dan wawancara prosesnya kurang lebih hanya 10 menit. Setelah semua proses selesai kita akan diberikan bukti pengantar pembayaran ke Bank BNI untuk epaspor sebesar Rp.655.000,-. pembayaran baru boleh dilakukan setelah jam 11.00 WIB. Epaspor bisa diambil 5 hari kerja setelah tanggal pembayaran mulai jam 10.00 - 16.00 WIB.

.
by yennyhid

by yennyhid
 Loket pengambilan Paspor yang sudah jadi

Bukti Pengantar Pembayaran Epaspor by yennyhid


Syarat pengambilan Paspor:
1. KTP
2. Bukti pengantar pembayaran & bukti pembayarannya
3. Kartu Keluarga Bagi yang diambil oleh orang lain tetapi masih keluarga sedarah
4. Surat Kuasa bermaterai, jika diambilkan oleh orang lain



epaspor by yenny
 Penampakan Paspor Lama & Epaspor

by yennyhid
halaman belakanng epaspor

Berikut foto info syarat dan prosedur pengurusan paspor RI yang ada di dinding






1 komentar:

FreshKPOP mengatakan...

New MP3Skull, StafaBand, BursaMp3, NaijaSongs, ITunes, and More Site visit...
-
All Music MP3
New Update Mp3
Category MP3
Mp3 US/UK (English)
K-Pop & J-Pop Music
Mp3 BOLLYWOOD (India)
-
-